Langsung ke konten utama

Tampil Sehat Dengan Jamu Dan Kosmetik Aman

Bertambah nya usia adalah suatu hal yang pasti terjadi tapi tetap terlihat fresh diusia yang semakin bertambah adalah pilihan.
Untuk tetap terlihat segar dan selalu bugar pastinya aku selalu menjalankan pola hidup sehat dari mulai memperhatikan pola makan, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan pastinya selalu berfikir positif.
Selain itu untuk menjaga tubuh tetap prima aku juga mengonsumsi jamu tradisional sebagai suplemen tambahan, jadi Bugar Dengan Obat Herbal Tanpa Bahan Kimia Obat ya, karena 
bahan kimia obat itu bisa merusak badan kita.
Aku juga selalu memperhatikan kesehatan kulit wajahku agar terlihat sehat dan cerah alami. Untuk itu pastinya aku selalu menggunakan kosmetik aman yang tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Ternyata pemerintah kita juga tidak tinggal diam akan kesehatan tubuh dan wajah masyarakat nya. Melalui BPOM RI mereka terus menggaungkan untuk selalu memakai produk yang aman. Pada 15 Maret 2022 lalu BPOM mengadakan Workshop dengan tema Bugar Dengan Herbal Tanpa Bahan Obat Kimia dan Cerah Alami Tanpa Merkuri sekaligus pembekalan dan pembentukan Duta Jamu Dan Kosmetik Aman yang diselenggarakan secara Offline sekaligus Online.

Pembentukan Duta Jamu Aman dan Kosmetika Aman
Kegiatan pembentukan Duta Jamu Dan Kosmetik Aman merupakan implementasi dari dua program unggulan Badan POM yakni BPOM Goes to School dan BPOM Goes to Campus. Para duta terpilih diberikan pemahaman tentang tips memilih jamu dan kosmetika aman agar nantinya mampu memberikan edukasi kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyebutkan pembentukan Duta Jamu Aman dan Kosmetika Aman merupakan salah satu wujud pemberdayaan masyarakat. Duta ini akan berperan sebagai influencer dalam peningkatan pemahaman masyarakat sehingga terwujud konsumen cerdas dan berdaya yang mengonsumsi jamu dan kosmetika aman. "Keberhasilan Program BPOM Goes to School dan BPOM Goes to Campus yang diinisiasi tahun 2021 perlu diperluas untuk meningkatkan kebermanfaatan dan perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Kegiatan ini diawali pilot project pada 2021 melalui 33 Duta Kosmetika Aman di Bengkulu dan 25 Duta Jamu Aman di Semarang. Para Duta telah melakukan 116 kegiatan edukasi yang diikuti 11.060 peserta. Pelaksanaan edukasi memanfaatkan kemajuan teknologi informasi melalui berbagai platform digital khususnya media sosial. Strategi ini dinilai efisien dan efektif untuk memberikan multiplier effect nyata yang akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan, mutu, dan manfaat obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetika serta kepercayaan masyarakat kepada Badan POM.

Bahaya Penambahan Bahan Kimia Obat Pada Obat Herbal/Jamu.

Bahan kimia obat (BKO) merupakan zat-zat kimia yang digunakan sebagai bahan utama obat kimiawi yang biasanya ditambahkan dalam sediaan obat tradisional/ jamu untuk memperkuat indikasi dari obat tradisional tersebut. (BPOM 2013).
Bahan Kimia Obat tidak diperbolehkan penggunaannya sebagai campuran pada produk obat tradisional karena dapat membahayakan kesehatan.

Beberapa laporan kasus efek samping dari penggunaan Bahan Kimia Obat:

  • Rasa tidak nyaman pada saluran cerna, mual, diare, pendarahan dan tukak lambung, reaksi hipersensivitas terutama angioedema dan bronkospasme, sakit kepala, pusing, vertigo gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, fotosensivitas dan hematuria.
  • Depresi sumsum tulang: leukopenia, trombositopenia, agranulositosis, anemia aplastik
  • Fenilbutazon sekarang dilarang di Amerika Serikat karena memiliki potensi besar dalam menimbulkan toksisitas sumsum tulang yang berat, yang terkadang ireversibel dan dapat mengakibatkan kematian.

Tips untuk konsumen obat tradisional/ obat herbal: 
  • Waspada terhadap obat herbal yang memiliki klaim khasiat yang bombastis yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit.
  • Waspada jika obat herbal tersebut memiliki efek "cespleng" atau efek instan.
  • Teliti kemasan dan obat herbal tersebut, jika kemasan memiliki gambar yang cukup aneh dan nyeleneh, kemungkinan besar itu adalah obat herbal yang berbahaya/tidak memiliki izin edar Badan POM.
  • Periksa apakah ada izin edar Badan POM pada kemasan produk dan pastikan produk tersebut memiliki nomor izin edar Badan POM yang valid, misalnya dengan mengeceknya ke Website Badan POM atau Aplikasi "Cek BPOM

Cerah Alami Tanpa Merkuri
Setiap manusia dilahirkan dengan warna kulit yang berbeda-beda. Ada 6 tipe warna kulit manusia didunia ini dan tingkat kecerahan warna kulit ditentukan oleh kandungan melanininya. Kulit yang sehat itu tidak harus putih melainkan cerah alami dan untuk mendapatkan kulit yang cerah alami gunakanlah produk perawatan yang aman dari bahan berbahaya seperti merkuri.
Merkuri merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya jika digunakan apalagi untuk jangka waktu panjang.

Dampak Bahaya kandungan merkuri dalam kosmetik:
  • Menyebabkan Kerusakan pada Sistem Pencernaan, Saraf, dan Ginjal
  • Menyebabkan Berkurangnya Fungsi Otak
  • Dapat Memperlambat Pertumbuhan Janin
  • Membuat Kulit Semakin Pucat
  • Iritasi pada Bagian Kulit
  • Dapat Menyebabkan Kanker Kulit
Cerdas Memilih dan Menggunakan Skincare Yang Aman Bagi Kulit.
Dalam memilih skincare atau kosmetik kita memang harus lebih teliti dan pertama sekali yang harus diperhatikan dalam memilih kata kosmetik yaitu kenali terlebih dahulu jenis kulit kita dan pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit.
Setelah kita mengetahui jenis kulit dan permasalahan kulit kita, pilihlah produk yang aman dari bahan berbahaya. 
Ciri-Ciri Skin Care/Kosmetik berbahaya:
  • Bau logam merkuri menyengat
  • Warna mencolok terang dan mengkilap
  • Tekstur lengket dan tidak menyatu sampurna
  • Membuat kulit putih dalam waktu singkat. (kurang dari 2 minggu) bila dihentikan timbul jerawat kecil disertai gatal.
  • Kulit terlihat putih pucat dalam lama kelamaan berubah abu dan hitam
  • Tidak memiliki izin edar atau nomor notifikasi BPOM.

Tips Kulit Sehat
  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, dengan menggunakan sunscreen atau pelindung lain seperti topi. payung, atau pakaian berlengan panjang. Hindari merokok, karena merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan berkontribusi pada terjadinya kerutan dini.
  • Rawat kulit Anda dengan lembut, karena pembersihan yang rutin dengan produk skin care yang tepat bisa berdampak baik pada kulit. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Pola makan yang sehat dapat membantu Anda tampil dan merasa awet muda.
  • Kelola stres Anda dengan sering melakukan hobi atau kegemaran Anda.
  • Olahraga secara teratur juga membantu kulit tampak berkilau.

Demikian tulisan aku tentang pembekalan dan pembentukan Duta Jamu Dan Kosmetik Aman. Mulai sekarang pilihlah jamu dan kosmetik yang bebas dari bahan berbahaya. Semoga tulisan aku dapat bermanfaat dan menjadi referensi buat kalian semua. 
See you and thank you. Bye.


Komentar

Postingan Populer

REVIEW : Habbie Aromatic Telon Oil | Minyak Telon Dengan Aroma Istimewa

Hai moms... Para moms yang mempunyai bayi ataupun balita pasti menjadikan minyak telon sebagai barang wajib yang selalu dipakai dan dibawa kemana pun kan. Nah,  Kali ini aku mau review minyak telon yang belakangan ini lagi aku pakai untuk Raffasya. Pernah berfikir gak sih moms untuk mendapatkan minyak telon yang aromanya itu gak biasa. Seperti yang kita tahu minyak telon pada umumnya itu punya aroma yang gitu-gitu aja kan moms seperti aroma sereh dan kayu putih. Tapi minyak telon yang dipakai Raffasya ini mempunyai wangi yang enak banget dan beda dari yang biasa yaitu Habbie Aromatic Telon Oil. Minyak telon Habbie ini berbeda dari minyak telon lain karena wanginya yang special. Minyak Telon Habbie tercipta atas riset dari ahli aromatik yang berkolaborasi dengan ahli traditional medicine untuk melakukan terobosan menemukan wangi baru yang lebih fresh, soft dan berkelas. Setelah melalukan riset akhirnya pilihan jatuh pada aroma teh. Tidak banyak yang mengetahui bahwa arom

REVIEW : Rejoice Hijab 3in1 | Solusi Permasalahan Rambut Berhijab

Hai girls... Sebagai seorang perempuan berhijab pasti kita sering banget ya ngalamin masalah pada rambut, secara selama menggunakan hijab rambut kita tertutup dan tidak ada udara yang masuk dalam jangka waktu yang lumayan lama.  Nah, masalah rambut yang aku alami saat ini yaitu rambut lepek, kasar dan ketombe. Bisa ngebayangin dong gimana gak nyamannya saat gatal ketombe menghampiri, apalagi kalau lagi beraktifitas diluar ruangan asli deh rasanya rambut gatal dan gerah banget. Untuk mengatasi masalah pada rambutku yang tipenya kering dan kaku ini aku gak mau asal-asalan dalam memilih produk perawatan rambut, aku harus memilih produk rambut mana yang paling cocok untuk masalah dan jenis rambutku. Dan belakang ini aku lagi nyobain Shampoo hijab dari Rejoice Hijab Perfection.  Rejoice Hijab Perfection series ini terdiri dari 3 produk yaitu: 3in1 Perfect Cool Shampoo 3in1 Perfect Parfum Shampoo, dan 3in1 Perfect Conditioning Karena belakangan ini di Indonesia pengguna h

REVIEW : L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence

Hai girls... Memiliki kulit wajah yang sehat, cerah dan sebening Crystal merupakan impian dari banyak perempuan dimuka bumi ini dan salah satunya adalah aku. Untuk mendapatkan kulit sebening Crystal penggunaan Moisturizer aja gak cukup loh,  maka dari itu aku mencoba menggunakan L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence yang klaimnya dapat membuat kulit wajah kita secerah dan sebening Crystal. Setelah menggunakannya selama 7 hari secara rutin kali ini aku akan mereview L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini. L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence merupakan Essence wajah terbaik yang dipakai untuk mempersiapkan kulit sebelum pemakaian Skin care lain. L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini diformulasikan dengan Centella Asiatica yang mampu memperbaiki sel kulit dari dalam, menjadikan kulit kita tampak bening, halus, bercahaya dan tampak muda. Essence ini cepat meresap kedalam 10 lapisan , diperkaya bahan aktif yang bertekstur

REVIEW : SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Series

Hai girls... Pada tanggal 23 April Safi Indonesia berkunjung kembali ke Medan untuk mengadakan Safi Blogger Gathering, dan beruntung sekali aku merupakan salah satu peserta yang diinvite lagi dalam Gathering tersebut. Safi Blogger Gathering Medan diadakan disebuah hotel yaitu Grand Aston Hotel. Gathering ini bertujuan untuk memperkenalkan produk terbaru dari Safi yaitu SAFI white Expert Oil Control & Anti Acne Series. Buat para Acne Fighter kalian harus berbahagia karena kini Safi memiliki produk yang dapat mengatasi jerawat. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne Series ini terdiri dari 3 produk yaitu :  Safi white Expert Oil Control & Anti Acne 2 in 1 Cleanser & Toner. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne Facial Clenser. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne Cream. Aku bakal bahas satu persatu produk dari Safi white Expert Oil Control & Anti Acne ini ya girls. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne 2 in 1 Cleanser

Hijabers Beauty Blogger & Vlogger
Komunitas Beauty Blogger & Vlogger