Langsung ke konten utama

Edutech Anak Cerdas | Edukasi Literasi Keuangan Untuk Anak


Hai moms.
Pada hari minggu 23 Februari 2020 kemarin, HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan Event Funancial Day Edutech Anak Cerdas yang diselenggarakan di Atrium Plaza Medan Fair pukul 10:00 - 20:30 wib. Event  edukasi ini terbuka untuk pengunjung secara gratis untuk mengenal dan mencoba secara langsung program pembelajaran berbasis teknologi.


Event ini dibagi dalam beberapa sesi dan aku datang di sesi pukul 13:00. Acara dibuka oleh MC yang kemudian diikuti oleh Mbak Utami Anita Herawati, selaku program manajer Prestasi Junior Indonesia (Organisasi World Wide)  yang ada di 117 negara dan terbentuk sejak tahun 2006. Beliau menjelaskan maksud dan tujuan dari Event Edutech Anak Cerdas ini.

Edutech Anak Cerdas merupakan program pembelajaran literasi keuangan berbasis teknologi hasil kolaborasi Bank HSBC Indonesia dan  Prestasi Junior Indonesia (PJI). Kehadiran program belajar ini diharapkan dapat memfasilitasi orang tua dalam mengenalkan konsep dasar keuangan kepada anak dan membangun budaya pengelolaan uang yang bijak sejak dini.

Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan Kegiatan ini untuk mensosialisasikan Edutech Anak Cerdas kepada masyarakat luas. Tujuannya adalah memberikan peluang kepada seluruh masyarakat Indonesia agar memiliki opsi media pembelajaran pengelolaan uang untuk anak.

Sejak tahun 2015 hingga 2018, program Anak Cerdas dengan konten dan desain yang mampu mengunggah semangat berdiskusi ini berhasil meningkatkan pemahaman keuangan 15.000 anak dari kisaran 40%-50% hingga menjadi 80%. Dengan akses tanpa batas, manfaat edutech Anak Cerdas ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi anak-anak indonesia.


Setelah dijelaskan tujuan dan cara kerja dari Edutech Anak Cerdas ini, para peserta yang terdiri dari anak usia Sekolah Dasar yang didampingi oleh orang tuanya, langsung diajak untuk mempraktekan metode belajar ini dengan cara mengakses  secara daring  di website www.anakcerdas.prestasijunior.orgmelalui laptop yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.


Sebelum memulai pembelajaran para peserta harus melakukan registrasi atau membuat akun terlebih dahulu di website tersebut, dengan cara melengkapi data yang diperlukan didampingi oleh orang tua masing-masing.



Setelah berhasil melalukan registrasi kemudian masuk ke dalam tahap pembelajarannya. Orang tua dapat memanfaatkan 15 sesi pembelajaran pengelolahan uang yang terbagi dalam tiga segmen yaitu kelas 3 ( JA Ourselves), kelas 4 (JA Our Community) dan kelas 5 (JA Our City). Dalam 3 segmen tersebut anak-anak belajara membuat pilihan yang tepat untuk:
- Memenuhi kebutuhan pribadi
- Mengenal fungsi dan pergerakan uang dalam masyarakat
- Menyadari pentingnya menabung serta berbagi kepada komunitas sekitar
- Memahami bahwa seseorang harus bekerja atau berbisnis untuk memperoleh uang sehingga pengelolaan yang bijak perlu dilakukan
- Mengidentifikasi beragam pekerjaan dan bisnis yang terdapat dalam komunitas serta keterampilan yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan
- Memahami peran pajak dan institusi keuangan untuk menggerakkan ekonomi dalam kota.




Setelah seluruh peserta menyelesaikan seluruh sesi dalam metode pembelajaran ini, situs Anak Cerdas akan mengirimkan e-sertifikat ke alamat e-mail yang terdaftar sebagai bentuk ketuntasan program belajar. Bikin anak jadi makin semangat nih kalau ada Reward begini.

Situs website ini, hanya dapat diakses melalui komputer dan laptop ya. Tidak dapat diakses melalu ponsel, tujuannya agar orang tua dapat terus mendampingi anak ketika belajar .


Dalam Event ini anak-anak tidak hanya belajar, setelah program pembelajaran dari situs Anak Cerdas selesai anak-anak disini diajak bermain games yang tentunya juga mengedukasi. Jadi gamesnya bukan hanya seru tapi juga bisa mengasah kepintaran anak. Nantinya akan dipilih satu pemenang dengan point tertinggi untuk mendapatkan voucher belanja senilai Rp. 300.000. Wah, seru sekali ya moms.


Setelah diberikan beberapa pertanyaan akhirnya dipilih satu orang pemenang dari games ini dengan perolehan point tertinggi. Selamat ya, mamannya pasti seneng banget nih anaknya dapat voucher belanja.


Diakhir acara sebelum memutuskan untuk pulang gak afdol ya rasanya kalau gak foto-foto dulu. Aku bersama beberapa teman mom blogger yang ikut serta dalam event inipun berfoto bersama dengan mbak Utami Anita Herawati, sebagai kenang-kenangan.


Sekian tulisan aku tentang Edutech Anak Cerdas yang diadakan dimedan. Semoga tulisan aku kali ini dapat bermanfaat buat moms semua ya. Sampai ketemu di tulisa aku selanjutnya.
See you and thankyou.
Bye...
Bye...

Komentar

  1. wah anakku samapai sekarang belum aku kenalkan sama uang mbak :) ternyata perlu ya, info yang menarik

    BalasHapus
  2. Wah keren banget nih acaranya. Aku udah buka websitenya, dan itu bener2 edukasi keuangan untuk anak ya
    Anakku sekarang usianya 6 tahun, sudah aku kenalkan bagaimana mengelola uang sejak usia 5 tahun.
    Sepertinya perlu aku edukasi lagi sambil mengenalkan website ini nih, sepertinya menarik dan informatif!
    Tfs.

    BalasHapus
  3. Acaranya oke banget nih, beb. Anak² emang harus dikenalkan perihal literasi finansial yang baik sejak dini. Biar gedenya enggak 'kaget' kalo udah punya uang sendiri. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau uda tau cara kelola uang sejak kecil gedenya gak salah arah kak.

      Hapus
  4. Senangnya ada edukasi keuangan sejak dinis eperti ini mba. Penting banget agar mereka juga ngeh dan bisa menabung ya sejak kecil :)

    BalasHapus
  5. bagus ya acaranya mengedukasi anak-anak sejak kecil soal financial, good job

    BalasHapus
  6. Input yang bagus nih ya biar anak bisa literasi keuangan dan bijak dalam menggunakan uangnya 🤗

    BalasHapus
  7. Bagus juga nih event edutech ini, mengenalkan tentang konsep pengelolaan uang kepada anak. Betul banget ya, anak juga perlu tahu bahwa untuk mendapatkan uang itu seseorang harus bekerja. Oleh karena itu perlu banget diajarkan gimana untuk mengelola uang yang didapatkan tadi, tidak hanya untuk jajan saja. ;)

    BalasHapus
  8. Acara seperti ini bagus nih biar lebih paham tentang ilmu keuangan untuk anak, jujur kadang saya belum bisa mengaplikasikan ilmu yang sebenarnya masih berdasarkan katanya dan pengalaman orang tua saya. Hehehe

    BalasHapus
  9. Waah sumpah ini tuh keren banget jadi anak bisa bermain sekaligus belajar mengelola keuangan juga, liatnya aja udah seru gituu

    BalasHapus
  10. Asyik banget nih ada aplikasi yang mengajarkan cara mengatur keuangan untuk anak kecil dengan tampilan yg menarik. Anak pasti suka banget mainnya bisa sambil belajar juga.

    BalasHapus
  11. Keren banget ada aplikasi mengatur keuangan yang bakal mengajak anak untuk bisa belajar sambil bermain

    BalasHapus
  12. Seru ya, terlihat cara dan metodenya menarik untuk membuat anak melek finansial sejak dini. Perlu diadain di kota2 lain, nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu kak siapa tau nyamperin kota kakak.

      Hapus
  13. Event Funancial Day ini penting banget buat anak belajar literasi keuangan sejak dini apalagi ada web anak cerdas online yang membuat anak betah belajarnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer

REVIEW : Habbie Aromatic Telon Oil | Minyak Telon Dengan Aroma Istimewa

Hai moms... Para moms yang mempunyai bayi ataupun balita pasti menjadikan minyak telon sebagai barang wajib yang selalu dipakai dan dibawa kemana pun kan. Nah,  Kali ini aku mau review minyak telon yang belakangan ini lagi aku pakai untuk Raffasya. Pernah berfikir gak sih moms untuk mendapatkan minyak telon yang aromanya itu gak biasa. Seperti yang kita tahu minyak telon pada umumnya itu punya aroma yang gitu-gitu aja kan moms seperti aroma sereh dan kayu putih. Tapi minyak telon yang dipakai Raffasya ini mempunyai wangi yang enak banget dan beda dari yang biasa yaitu Habbie Aromatic Telon Oil. Minyak telon Habbie ini berbeda dari minyak telon lain karena wanginya yang special. Minyak Telon Habbie tercipta atas riset dari ahli aromatik yang berkolaborasi dengan ahli traditional medicine untuk melakukan terobosan menemukan wangi baru yang lebih fresh, soft dan berkelas. Setelah melalukan riset akhirnya pilihan jatuh pada aroma teh. Tidak banyak yang mengetahui bahwa arom

REVIEW : Rejoice Hijab 3in1 | Solusi Permasalahan Rambut Berhijab

Hai girls... Sebagai seorang perempuan berhijab pasti kita sering banget ya ngalamin masalah pada rambut, secara selama menggunakan hijab rambut kita tertutup dan tidak ada udara yang masuk dalam jangka waktu yang lumayan lama.  Nah, masalah rambut yang aku alami saat ini yaitu rambut lepek, kasar dan ketombe. Bisa ngebayangin dong gimana gak nyamannya saat gatal ketombe menghampiri, apalagi kalau lagi beraktifitas diluar ruangan asli deh rasanya rambut gatal dan gerah banget. Untuk mengatasi masalah pada rambutku yang tipenya kering dan kaku ini aku gak mau asal-asalan dalam memilih produk perawatan rambut, aku harus memilih produk rambut mana yang paling cocok untuk masalah dan jenis rambutku. Dan belakang ini aku lagi nyobain Shampoo hijab dari Rejoice Hijab Perfection.  Rejoice Hijab Perfection series ini terdiri dari 3 produk yaitu: 3in1 Perfect Cool Shampoo 3in1 Perfect Parfum Shampoo, dan 3in1 Perfect Conditioning Karena belakangan ini di Indonesia pengguna h

REVIEW : SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Series

Hai girls... Pada tanggal 23 April Safi Indonesia berkunjung kembali ke Medan untuk mengadakan Safi Blogger Gathering, dan beruntung sekali aku merupakan salah satu peserta yang diinvite lagi dalam Gathering tersebut. Safi Blogger Gathering Medan diadakan disebuah hotel yaitu Grand Aston Hotel. Gathering ini bertujuan untuk memperkenalkan produk terbaru dari Safi yaitu SAFI white Expert Oil Control & Anti Acne Series. Buat para Acne Fighter kalian harus berbahagia karena kini Safi memiliki produk yang dapat mengatasi jerawat. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne Series ini terdiri dari 3 produk yaitu :  Safi white Expert Oil Control & Anti Acne 2 in 1 Cleanser & Toner. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne Facial Clenser. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne Cream. Aku bakal bahas satu persatu produk dari Safi white Expert Oil Control & Anti Acne ini ya girls. Safi white Expert Oil Control & Anti Acne 2 in 1 Cleanser

REVIEW : L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence

Hai girls... Memiliki kulit wajah yang sehat, cerah dan sebening Crystal merupakan impian dari banyak perempuan dimuka bumi ini dan salah satunya adalah aku. Untuk mendapatkan kulit sebening Crystal penggunaan Moisturizer aja gak cukup loh,  maka dari itu aku mencoba menggunakan L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence yang klaimnya dapat membuat kulit wajah kita secerah dan sebening Crystal. Setelah menggunakannya selama 7 hari secara rutin kali ini aku akan mereview L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini. L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence merupakan Essence wajah terbaik yang dipakai untuk mempersiapkan kulit sebelum pemakaian Skin care lain. L ’ oreal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence ini diformulasikan dengan Centella Asiatica yang mampu memperbaiki sel kulit dari dalam, menjadikan kulit kita tampak bening, halus, bercahaya dan tampak muda. Essence ini cepat meresap kedalam 10 lapisan , diperkaya bahan aktif yang bertekstur

Hijabers Beauty Blogger & Vlogger
Komunitas Beauty Blogger & Vlogger